Waspadai 5 Penyakit Ini Jika Anda Merasa Haus Berlebihan

  • Whatsapp
Waspadai-5-Penyakit-Ini-Jika-Anda-Merasa-Haus-Berlebihan
Foto dari Canva Photos Unlimited

Haus merupakan sinyal alami tubuh ketika kurang asupan cairan. Haus bisa terjadi karena Anda terlalu banyak melakukan aktivitas yang mengeluarkan keringat. Namun bagaimana jika Anda merasa haus berlebihan padahal sudah minum banyak air dan tidak melakukan aktivitas berat? Maka Anda harus mewaspadai lima penyakit ini.

1. Diabetes

Diabetes disebabkan karena kadar glukosa dalam darah tinggi. Sehingga memperberat kerja ginjal untuk memproduksi urine dan mengeluarkan glukosa dari tubuh. Penyakit ini menyebabkan para penderita diabetes merasa kehausan terus menerus. Meski begitu, penyakit ini memiliki gejala lainnya yakni sulit sembuh ketika terluka, lelah, sering buang air kecil.

2. Anemia sel sabit

Anemia sel sabit merupakan penyakit yang disebabkan oleh sel darah merah yang berbentuk tidak normal. Sel darah merah yang baik memiliki bentuk cakram bikonkaf dan lentur. Namun, jika Anda mengidap penyakit Anemia sel sabit maka sel darah merah Anda memiliki bentuk seperti bulan sabit dan kaku karena kandungan hemoglobin yang tidak sempurna.

Sel darah merah yang tak normal ini menghambat peredaran darah yang mengakibatkan organ dan jaringan tubuh hancur. Nah, kondisi ini bisa menimbulkan rasa haus yang berlebihan pada penderitanya.

3. Gangguan pada Tiroid

Tiroid berada pada bagian bawah leher dan bertugas memompa hormon tiroid yang bertugas mengatur nafsu makan, suhu tubuh dan energi. Namun, ketika tiroid memproduksi terlalu banyak atau sedikit hormon maka dapat mengakibatkan gejala kecemasan dan mulut kering sehingga membuat anda haus.

4. Stress kronis

Stress kronis mengakibatkan adrenalin tidak beraturan dan tekanan darah rendah. Kondisi ini menyebabkan gejala pusing, depresi, cemas dan haus. Karenanya, mereka yang memiliki stress diharuskan meminum banyak air agar tingkat stress yang diderita berkurang.

5. Xerostomia

Xerostomia atau mulut kering kerap kali diduga sebagai kehausan biasa. Padahal Xerostomia ini disebabkan oleh selaput lendir di mulut yang kering karena perubahan aliran atau komposisi air liur.

Karenanya Xerostomia menyebabkan Anda haus berlebihan. Beberapa gejala lainnya ialah bau mulut, susah mengunyah dan air liur berserat. Penyakit ini disebabkan oleh merokok, ganja, stress, cemas hingga penuaan. Efek samping konsumsi obat tekanan darah tinggi atau antidepresan bisa juga menjadi penyebab Xerostomia.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *