Pernah Dengar Tentang Obligasi Pemerintah Ritel Indonesia (ORI)?

  • Whatsapp
Pernah-Dengar-Tentang-Obligasi-Pemerintah-Ritel-Indonesia-ORI
Foto dari Canva Pro

Investor memandang obligasi sebagai sumber dana segar yang dapat dicairkan sesuai ketentuan yang berlaku. Sebagaimana saham, obligasi juga dapat diperjualbelikan. Namun demikian, informasi mengenai jual-beli obligasi tidak ada di Bursa Efek Indonesia (BEI), melainkan di pihak agen penjual ataupun pihak penerbit yang mengeluarkan obligasi itu sendiri. Apabila pemerintah bertindak selaku pihak penerbit obligasi, maka pemerintah akan menunjuk bank seperti digibank by DBS, lembaga sekuritas, ataupun platform investasi tertentu sebagai agen penjual obligasinya. Biasanya, pihak agen penjual obligasi sudah merancang ketentuan-ketentuan terkait obligasi seperti tanggal jatuh tempo, besaran bunga, jenis bunga yang dipakai dan sebagainya.

Istilah Obligasi Ritel Indonesia (ORI) sendiri merujuk pada salah satu obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah dalam mata uang negara tersebut untuk menghimpun dana dari warganya. Surat obligasi yang diterbitkan pemerintah ini terkadang disebut juga dengan utang negara loh, karenag transaksi yang terjadi dalam obligasi adalah utang piutang dengan penerbit obligasi sebagai pihak berutang dan pemegang obligasi sebagai pihak berpiutang. Selain Obligasi Negara Ritel Indonesia, ada jenis obligasi lain yang juga diterbitkan oleh pemerintah yaitu Sukuk Ritel (SukRi), Sukuk Negara Tabungan (ST/SNT), dan Saving Bond Ritel (SBR).

Investasi minim risiko

Obligasi adalah investasi jangka panjang yang jangka waktunya biasanya tahunan. Obligasi pemerintah sendiri biasanya berjangka waktu 1 hingga 10 tahun. Dalam kurun waktu tersebut, kalian akan dapat memanen keuntungan baik dari nilai pokok yang harus dilunasi penerbit obligasi ditambah bunga (kupon) yang disetorkan secara berkala. Pada obligasi yang diterbitkan pihak swasta, pemegang obligasi memiliki risiko kerugian jika pada waktu jatuh temponya pihak penerbit obligasi tidak dapat melunasi utangnya. Bukan hanya kehilangan keuntungan investasi, tapi mungkin juga kehilangan seluruh jumlah uang yang diinvestasikan sebagai utang pokok.

Obligasi pemerintah digadang-gadang sebagai salah satu instrumen investasi yang nyaris bebas dari risiko kerugian tersebut. Hal ini disebabkan karena pemerintah sebagai pemegang kekuasaan yang berwenang menaikkan suku bunga bahkan mencetak uang sendiri sehingga terhindar dari kemungkinan tidak sanggup melunasi pembayaran obligasi pada saat jatuh tempo. Lagipula, pembayaran obligasi pada obligasi pemerintah dijamin dalam undang undang.

Kenapa harus investasi obligasi via Aplikasi digibank by DBS?

Pemerintah menunjuk digibank by DBS sebagai salah satu pihak yang dapat memperjual belikan obligasi. Bicara investasi sudah pasti juga bicara keuntungan. dengan investasi obligasi via Aplikasi digibank by DBS kita bisa mendapatkan keuntungan-keuntungan tersendiri tersendiri, seperti berikut:

  • Pelayanan 24/7

Sistem yang selalu online memungkinkan kita untuk melakukan transaksi jual-beli serta memantau investasi kita kapanpun dan di manapun tanpa pelu repot-repot datang ke kantor cabang.

  • Keuntungan dari bunga (kupon)
  • Ada dua tingkat imbal hasil yang berlaku pada investasi obligasi di Aplikasi digibank by DBS, yaitu fixed dan floating with floor dengan batas minimum 5,10 % p.a.
  • Jaminan keamanan

Obligasi yang terdapat di Aplikasi digibank by DBS merupakan obligasi pemerintah yang mana pembayaran kupon dan utang pokoknya dijamin UU No. 24 Tahun 2002/UU No. 19 Tahun 2008

  • Harga beli obligasi yang relatif terjangkau

Berdasarkan nominalnya, investasi obligasi di aplikasi digibank by DBS merupakan obligasi ritel dengan harga minimal pembelian sebesar Rp. 1.000.000 dan jangka waktu 2-3 tahun.

  • Bunga (kupon) obligasi lebih tinggi dibandingkan bunga deposito

digibank by DBS memungkinkan kalian untuk melakukan transaksi investasi di manapun dan kapanpun tanpa terikat ruang dan waktu. Bagi kamu yang belum memiliki aplikasi, segeralah download dan login di Aplikasi digibank by DBS. Setelah mengisi data pribadi dan mendapatkan SID. Kalian bisa langsung menjadi bagian dari bursa investasi yang menguntungkan. Obligasi dapat menjadi pilihan investasi yang cukup menjanjikan. Apalagi kini ada Aplikasi digibank by DBS yang memudahkan kita untuk menanam dan memantau investasi kita.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *