Perhatikan! Ini 6 Benda yang Tidak Boleh Dibawa ke Dalam Kabin Pesawat

  • Whatsapp
Perhatikan-Ini-6-Benda-yang-Tidak-Boleh-Dibawa-ke-Dalam-Kabin-Pesawat
Foto dari Canva.com Photos Unlimited

ketika Anda memesan tiket pesawat, misalnya tiket pesawat Surabaya Jakarta, Anda harus siap mematuhi segala peraturan yang berlaku. Peraturan ini termasuk waktu check in, kewajiban penumpang, hingga barang-barang yang boleh dan tidak boleh dibawa.

Adakah barang-barang yang tidak boleh dibawa saat kita naik pesawat? Tentu saja ada. barang-barang ini tidak boleh dibawa karena bisa menimbulkan bahaya, seperti meledak, kebakaran, atau hal-hal buruk lainnya. Ada jenis barang yang tidak boleh dibawa masuk ke dalam kabin, tapi bisa masuk ke dalam bagasi pesawat. Ada juga yang tidak boleh masuk ke kabin maupun ke bagasi.

Benda yang tidak boleh dibawa masuk ke dalam pesawat

Nah, berikut ini kita akan membahas 6 barang yang tidak boleh dibawa masuk ke dalam kabin pesawat.

1. Benda tajam dan benda tumpul

Tidak hanya benda tajam, Anda juga tidak boleh membawa benda tumpul yang berisiko mencederai orang lain. Jenis benda tumpul yang tidak diperbolehkan seperti tongkat olahraga, kail pancing, peralatan bela diri. Sedangkan untuk benda tajam yang tidak boleh masuk ke dalam kabin bukan hanya sejenis pisau dan silet, namun juga termasuk gunting kuku, pinset alis, dan pisau yang digunakan untuk mencukur.

Benda tajam dan benda tumpul memang tidak boleh masuk ke kabin tapi bukan berarti Anda tidak boleh membawanya untuk bepergian. Anda bisa membawa benda-benda ini dengan memasukkannya ke dalam bagasi pesawat.

2. Bahan peledak dan senjata

Selanjutnya adalah bahan peledak dan senjata api. Selain senjata api, yang termasuk senjata di antaranya adalah panah, pelontar tembak, semprotan merica, ketapel, dan segala bentuk senjata imitasi.

Anda juga tidak diperbolehkan membawa bahan peledak. Khusus untuk bahan peledak, Anda tidak boleh membawanya sama sekali, baik membawanya masuk ke dalam kabin pesawat maupun ke dalam bagasi. Yang termasuk kategori bahan peledak yaitu korek api, cat tipis, pemutih, klorin, cat semprot, termasuk juga bahan peledak dalam bentuk replika.

3. Cairan

Cairan berukuran 100ML tidak diperbolehkan masuk ke dalam kabin pesawat. Namun kurang dari ukuran tersebut, Anda boleh membawanya. Jadi, setelah memastikan tiket pesawat Surabaya Jakarta sudah terbeli, Anda juga perlu memastikan barang-barang Anda yang berbentuk cairan bisa dibawa masuk ke dalam kabin. Salah satu caranya dengan menempatkannya pada wadah kecil.

4. Benda berbau tajam

Benda-benda berbau tajam seperti durian, terasi, dan sejenisnya sangat dilarang untuk masuk ke dalam kabin pesawat. Benda-benda ini memang tidak berisiko mencederai orang lain. Namun aroma yang dihasilkannya bisa sangat mengganggu.

5. Produk dari hewan

Selain berbau tajam, produk olahan dari hewan juga tidak boleh Anda bawa. Produk olahan dari hewan ini, seperti keju dan susu, bisa menyebabkan munculnya bakteri yang berpotensi menginfeksi orang-orang yang ada di dalam pesawat.

6. Power bank

Yang terakhir adalah power bank. Bukan tidak boleh membawanya sama sekali, melainkan Anda perlu memperhatikan besaran daya dari power bank tersebut. Power bank yang boleh masuk ke dalam kabin pesawat adalah power bank dengan kapasitas 10.000 mAh. Lebih dari itu, power bank tidak boleh masuk ke kabin karena berpotensi meledak.

Untuk laptop dan kamera, Anda boleh membawanya dengan catatan harus dalam keadaan mati total.

Demikian 6 barang yang tidak boleh Anda bawa ke dalam kabin pesawat. Setiap maskapai memiliki aturan yang berbeda-beda terkait barang yang boleh dan tidak boleh dibawa. Namun secara umum, barang-barang inilah yang tidak boleh dibawa. Jadi, meskipun Anda membeli tiket pesawat Surabaya Jakarta dari maskapai yang berbeda, Anda tidak boleh membawa 6 jenis barang yang sudah disebutkan di atas.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *