Cara Hitung Pinjaman Modal yang Benar

  • Whatsapp
Cara-Hitung-Pinjaman-Modal-yang-Benar
Foto dari Canva Photos Unlimited

Salah satu persiapan penting untuk menjalankan bisnis adalah modal. Jenis dan skala bisnis yang dipilih akan menentukan besar kecilnya modal yang dibutuhkan. Selain dari dana pribadi, modal usaha juga bisa diperoleh dari pinjaman. Penting untuk mengetahui cara hitung pinjaman modal agar Anda bisa mengajukan jumlah pinjaman yang tepat. Ada beberapa modal yang perlu disiapkan dananya pada saat Anda memulai sebuah bisnis.

1. Modal tetap

Setelah Anda memiliki persiapan dan memantapkan diri untuk memulai bisnis, maka waktunya untuk menghitung modal yang diperlukan. Ada modal utama seperti modal tetap ini yang dibutuhkan saat memulai bisnis. Pada saat memulai bisnis, Anda akan memerlukan barang atau peralatan yang bisa mendukung kegiatan produksi. Pada umumnya peralatan tersebut termasuk dalam modal tetap karena berbentuk aset barang seperti mesin pabrik, mesin produksi, dan lain sebagainya. Barang-barang untuk  produksi umumnya memiliki nilai yang tinggi dan membutuhkan dana yang paling besar.

2. Modal operasional

Jenis modal selanjutnya yang perlu diperhitungkan dalam memulai bisnis adalah modal operasional. Modal yang diperlukan untuk membeli barang atau produk yang dibutuhkan dalam operasional bisnis. Cara hitung pinjaman modal adalah menghitung biaya untuk operasional usaha seperti biaya  untuk membeli bahan baku produk, biaya untuk bahan bakar, dan lain-lain. Pada umumnya modal ini dibutuhkan untuk membeli produk sekali pakai. Walaupun tidak sebesar modal tetap, modal operasional biasanya dibutuhkan lebih sering.

3. Modal tenaga kerja

Pinjaman yang Anda ajukan untuk bisnis sebaiknya sudah termasuk dana yang Anda butuhkan untuk karyawan atau tenaga kerja. Menjalankan usaha membutuhkan tenaga kerja dengan keahlian yang sesuai bisnis Anda. Jika bisnis Anda dijalankan sendiri, tentu tidak menjadi masalah apabila modal ini tidak begitu diperhatikan. Namun, untuk bisnis yang lebih besar tentu membutuhkan tenaga kerja dengan latar belakang pendidikan tertentu yang jasanya perlu diapresiasi dengan gaji yang bagus.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhitungkan saat Anda ingin menyiapkan modal. Cara hitung pinjaman modal harus bisa mencakup semua biaya untuk modal tetap, modal operasional, dan modal tenaga kerja.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *