Bolehkah Tidur Setelah Sahur Menurut Kesehatan? Ini Penjelasan Dari SehatQ.com

  • Whatsapp
Bolehkah-Tidur-Setelah-Sahur-Menurut-Kesehatan-Ini-Penjelasan-Dari-SehatQ.com
Foto dari Canva Photos Unlimited

Salah satu manfaat dari kehadiran platform kesehatan online seperti SehatQ.com adalah untuk memberikan informasi tentang dunia kesehatan dari sumber terpercaya. Apalagi di masa-masa pandemi Covid-19 seperti sekarang dan segera memasuki bulan suci Ramadhan. Masyarakat membutuhkan informasi kesehatan yang valid tanpa harus bertemu dan bertatap muka dengan tenaga medis yang sedang berjuang melawan menyembuhkan pasien Covid-19.

Karena sebentar lagi akan segera memasuki bulan puasa, ada banyak pertanyaan seputar menjaga kesehatan di bulan puasa. Satu di antaranya adalah bolehkah tidur setelah bersantap sahur? Santap sahur biasanya dilakukan sekitar pukul 3 pagi menjelang subuh. Tidak heran jika banyak dari kita yang masih ngantuk dan memutuskan untuk tidur setelahnya. Tapi, apakah ini baik untuk kesehatan?

Risiko Tidur Setelah Sahur

Orang yang tidur setelah makan sahur berpotensi mengalami gangguan kesehatan, seperti:

1. Asam lambung naik

Tidur setelah sahur dapat menyebabkan asam lambung naik. Naiknya asam lambung juga bisa mengakibatkan ibadah puasa menjadi terganggu, terutama untuk Anda yang mengidap penyakit maag.

2. Berat badan naik

Bukan hanya makan malam yang bisa menyebabkan berat badan naik, tidur setelah makan sahur juga bisa. Hal ini dikarenakan tubuh tidak mampu membakar kalori ketika Anda tidur.

3. Meningkatkan risiko penyakit berbahaya

Menurut penelitian yang dilakukan di Yunani, risiko stroke juga meningkat akibat tidur setelah santap sahur. Penelitian lainnya membuktikan bahwa ketika tubuh bekerja terlalu keras untuk mencerna makanan ketika kita tidur, berisiko meningkatkan tekanan darah, gula darah, dan kadar kolesterol.

4. GERD dan Heartburn

GERD merupakan singkatan dari Gastroesophageal Reflux Disease, yaitu sebuah kondisi ketika makanan yang sudah masuk dalam pencernaan naik sampai ke kerongkongan sehingga menyebabkan asam lambung ikut naik dan menciptakan sensasi terbakar.

Itulah 4 risiko yang bisa dialami seseorang jika tidur setelah makan sahur. Sebenarnya, tidur setelah santap sahur boleh saja asalkan memenuhi syarat tertentu.

Anda boleh tidur setelah 2 jam dari waktu makan sahur. Selama jeda waktu tersebut, Anda bisa menggunakannya untuk berbagai kegiatan bermanfaat, seperti shalat dan mengaji. Anda juga disarankan untuk melakukan berbagai aktivitas ringan sehingga membantu metabolisme tubuh dan tubuh lebih siap ketika Anda tidur setelahnya.

Mengedukasi Diri Selama Puasa

Informasi ini sekaligus menjadi bukti bahwa mengedukasi diri selama puasa itu tetap diperlukan. Jangan hanya berpegang pada kebiasaan yang dijalani setiap tahunnya. Anda juga perlu tahu efek atau dampak dari kebiasaan yang Anda lakukan selama puasa karena tidak semua kebiasaan memiliki efek baik bagi kesehatan tubuh.

Bagaimana cara mengedukasi diri? Di zaman serba digital ini, mengedukasi diri sangatlah mudah. Anda hanya perlu mencari informasi melalui mesin pencari seperti Google. Ada banyak informasi gratis yang bisa Anda dapatkan. Namun pastikan informasi yang Anda dapatkan berasal dari sumber terpercaya.

Salah satu sumber terpercaya untuk informasi kesehatan adalah laman SehatQ.com. Ini merupakan platform kesehatan berbasis online yang bisa diakses oleh siapapun. Ada banyak informasi yang ada di laman ini, mulai dari informasi kesehatan secara umum hingga tips puasa.

Selain memiliki beragam informasi yang berguna untuk masyarakat luas, Anda juga bisa menggunakan laman ini untuk konsultasi dengan dokter, membuat janji temu dengan dokter, hingga membeli obat dan alat kesehatan secara online. Semuanya bisa dilakukan dengan satu platform SehatQ.com.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *