Apa Saja Gejala Awal Virus Corona? Berikut Penjelasannya!

  • Whatsapp
Apa-Saja-Gejala-Awal-Virus-Corona-Berikut-Penjelasannya
Foto dari Canva Photos Unlimited

Dunia sedang menghadapi permasalahan yang sama sekarang ini yaitu virus diketahui pertama kali dari kota Wuhan, China. Virus yang awalnya membuat kota Wuhan terisolasi ini kemudian juga menyebar ke banyak negara lainnya yang mempunyai kasus kematian lebih banyak dari China sekarang ini. China sendiri sudah berhasil untuk mengatasi virus ini dan masyarakatnya sudah mulai melakukan aktivitas normal seperti umumnya. Akan tetapi untuk negara lainnya baru mulai berjuang untuk melawan persebaran virus terbaru yang membuat banyak orang panik dan takut yaitu virus corona atau dikenal juga dengan Covid-19. Untuk menghindari kepanikan, akan lebih baik untuk mencari tahu mengenai berbagai informasi mengenai virus ini. Mulai dari gejala awal virus corona, penyebabnya, pemeriksaan dan tindakan ketika tertular, dan terakhir adalah mengenai cara pencegahan agar tidak terkena atau tertular virus corona.

Pada artikel ini akan membahas mengenai ciri-ciri awal penderita virus Covid-19. Dimana seperti yang telah banyak diketahui bahwa badan Anda akan menunjukan gejala apabila ada gangguan masalah kesehatan yang dipunyai, termasuk apabila mengidap virus Corona. Oleh karena itulah sangat penting untuk mengetahui gejala awal virus ini agar nantinya dapat melakukan tindakan penanganan yang tepat. Untuk tanda awal yang mudah dikenali adalah sebagai berikut ini:

  1. Pertama adalah mengalami batuk dan pilek seperti yang sudah diketahui banyak orang. Untuk gejala batuk sendiri pada umumnya merupakan jenis batuk kering atau batuk yang tidak berdahak.
  2. Tanda awal selanjutnya adalah badan yang demam atau mengalami kenaikan suhu tubuh yang naik. Ketika Anda mengalami batuk kering dan disertai dengan suhu badan yang naik atau demam maka sebaiknya lakukan pemeriksaan yang dibutuhkan.
  3. Gejala awal lainnya juga ketika mengalami sakit tenggorokan yang dirasakan.
  4. Gejala terakhir adalah ketika merasakan badan yang letih dan lesu.

Gejala diatas merupakan gejala awal yang dapat terjadi pada pasien yang tertular virus Corona. Akan tetapi apabila mengalami gejala batuk, demam, dan sakit tenggorokan tidak perlu langsung mengambil asumsi apabila Anda tertular virus Corona. Karena bisa jadi hanya tertular penyakit demam dan juga sakit tenggorokan biasanya. Sehingga hal yang paling penting dilakukan adalah dengan segera melakukan pemeriksaan ke puskesmas atau rumah sakit dan juga ingat untuk menjaga agar tidak melakukan kontak untuk dapat menghindari resiko penyebaran penyakit yang diderita. Hal yang paling penting adalah tidak langsung panik dan melakukan langkah tepat untuk segera melakukan pemeriksaan ke pusat layanan kesehatan terdekat.

Karena selain gejala di atas, pada sebagian kasus pasien Covid-19 juga diketahui tidak mengalami gejala ringan bahkan juga tidak mengalami gejala infeksi sama sekali. Sehingga hal utama yang harus dilakukan adalah dengan menjaga kesehatan agar tubuh mempunyai kekebalan tubuh yang baik agar dapat menangkal virus. Virus corona sendiri merupakan keluarga virus yang gejala awalnya ditandai dengan mengalami sakit yang biasa seperti flu dan batuk, kemudian akan mengalami sakit yang lebih parah seperti Mers Cov dan Sars Cov.

Selain mengetahui gejala awal virus corona yang dapat untuk mempunyai informasi yang perlu diketahui mengenai ciri awalnya, Anda juga perlu untuk melakukan langkah pencegahan yang dapat dilakukan. Hal lainnya yang perlu dilakukan adalah dengan selalu mengecek perkembangan virus corona di Indonesia yang terpercaya seperti dari website provinsi Anda yang selalu memberikan update kasus virus corona dan juga membaca berita dari situs yang terpercaya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *