6 Tempat untuk Mengisi Uang Elektronik

  • Whatsapp
6-Tempat-untuk-Mengisi-Uang-Elektronik
Foto dari Canva Pro

Penggunaan e money atau uang elektronik untuk bertransaksi bukan hal yang asing lagi. Saat ini kartu e money dapat Anda peroleh di berbagai marketplace di Indonesia. Anda dapat membeli yang masih kosong dan nanti dapat diisi atau yang sepaket dengan saldo di dalamnya.

E money yang menggunakan kartu fisik dapat digunakan untuk berbagai transaksi. Mulai dari untuk membayar retribusi jalan tol, membayar di toko retail, membeli bahan bakar motor di SPBU, hingga membayar parkir elektronik.

Tempat Mengisi Saldo Kartu E Money

Uang elektronik harus diisi dengan saldo secara berkala. Untuk mengisi saldo pada kartu uang elektronik, salah satu caranya adalah melakukan top up pada aplikasi. Selain itu, ada beberapa cara lain untuk mengisi saldo, yaitu antara lain:

1. Kantor Pos

Anda bisa mengisi saldo uang elektronik di kantor pos terdekat. Saat akan membayar, Anda akan diminta memberikan kartu e money milik Anda. Untuk mengisi saldo, Anda hanya tinggal mengatakan berapa jumlah saldo yang akan diisi.

Berikan sejumlah uang pada petugas kantor pos untuk melanjutkan proses pengisian. Setelah petugas memasukkan nominal uang pada kartu Anda, kartu uang elektronik akan terisi.

2. Toko Retail

Pengisian saldo uang elektronik dapat dilakukan melalui toko retail. Baik melalui mesin untuk top up saldo dan juga melalui kasir toko retail tersebut. Pastikanlah toko retail tersebut dapat membayar e money. Anda dapat menanyakannya pada pegawai di toko tersebut.

Pada mesin top up saldo di toko retail, Anda biasanya akan terhubung dengan salah satu marketplace untuk melakukan pembayaran. Apabila Anda tidak memiliki akun pada market place tersebut, Anda bisa mengisi saldo melalui kasir toko retail. Cara pembayarannya sama ketika Anda melakukan transaksi di kantor pos.

3. Melalui ATM

Top up uang elektronik bisa pula dilakukan melalui mesin anjungan tunai mandiri atau mesin ATM. Untuk mengisinya, Anda harus memastikan bahwa mesin ATM memiliki layanan untuk pengisian saldo kartu e money.

Setelah memasukkan kartu debit dan pin, pilihlah menu pembayaran untuk uang elektronik. Kemudian pilih menu ‘Isi Ulang’ dan masukkan jumlah saldo yang Anda inginkan. Setelah itu, tempelkan kartu pada tempat yang telah disediakan oleh bank di mesin ATM tersebut.

Setiap ATM pada bank berbeda satu sama lain, pastikan Anda mencatat tahapannya agar tidak terlalu lama melakukan transaksi. Simpanlah bukti pembayaran Anda. Ini merupakan bukti apabila uang yang Anda masukkan gagal dan sebagai pembuktian bahwa Anda telah melakukan transaksi.

4. Mesin Isi Ulang di Halte Bus TransJakarta

Isi ulang saldo kartu uang elektronik bisa dilakukan di mesin isi ulang di beberapa halte bus TransJakarta. Untuk pengisian ini, Anda hanya perlu mengisikan sejumlah uang pada mesin sesuai dengan saldo yang diinginkan.

5. Melalui Marketplace

Uang elektronik dapat diisi melalui marketplace. Untuk pembayaran ini, pilihlah fitur pulsa atau uang elektronik. Setelah itu, isi identitas kartu dan berapa saldo yang Anda inginkan. Anda kemudian akan diminta untuk memilih metode pembayaran mulai dari transfer melalui internet banking, virtual account, uang elektronik aplikasi, atau bayar di gerai toko ritel.

6. Mobile Banking

Pengisian saldo uang elektronik yang melalui mobile banking hanya dapat dilakukan oleh pemegang kartu yang memiliki akun mobile banking di bank yang sama mengeluarkan kartu e money tersebut. Anda cukup memilih menu e money di aplikasi mobile banking, kemudian isi saldo sesuai dengan keinginan.

Kartu e money sangat praktis digunakan untuk berbagai pembayaran. Selain itu, cara ini juga lebih aman digunakan dibandingkan membawa uang konvensional.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *