5 Macam Gendongan Bayi Paling Nyaman dan Aman Digunakan

5-Macam-Gendongan-Bayi-Paling-Nyaman-dan-Aman-Digunakan
Foto dari Canva

Gendongan menjadi salah satu kebutuhan penting bagi para orang tua. Benda ini akan mempermudah Anda untuk membawa si kecil jalan-jalan. Tak hanya terasa nyaman bagi bayi namun juga lebih nyaman bagi orang tua yang menggendong. Harga produk ini sangat bervariasi dan Anda bisa melihat referensi harga gendongan bayi di Mothercare sebagai gambaran sebelum membeli.

Macam Gendongan Bayi

Produk gendongan bayi ini ternyata ada banyak jenisnya. Sebelum melakukan pembelian, Anda sebaiknya tahu jenis gendongan seperti apa yang paling nyaman digunakan. Pastikan untuk memilih jenis gendongan yang paling nyaman baik bagi si bayi maupun orang tua. Berikut adalah 5 jenis gendongan bayi yang saat ini banyak digunakan:

1. Baby Wrap

Pilihan pertama ada baby wrap. Ini merupakan jenis gendongan yang terbuat dari kain elastis seperti spandeks atau licra. Tipe gendongan seperti ini sangat nyaman dan ergonomis untuk digunakan. Variasi cara menggendong menggunakan baby wrap juga sangat beragam sehingga bisa disesuaikan kebutuhan dan kenyamanan si bayi.

Baby wrap juga memberi kemudahan bagi Anda untuk menggendong bayi dalam posisi M-shape. Selain itu, jenis gendongan ini juga sangat cocok untuk newborn. Bahannya yang elastis dan bisa melekat dengan baik di tubuh akan membuat bayi merasa nyaman, hangat, dan aman.

2. Ring Sling

Berikutnya ada ring sling yaitu jenis gendongan yang merupakan modifikasi dari gendongan tradisional berupa kain jarik. Tipe gendongan ini juga sangat ergonomis untuk digunakan. Bisa dikatakan pula bahwa ring sling merupakan tipe modern dari kain jarik yang jauh lebih praktis dan mudah untuk digunakan.

Gendongan ini memiliki dua buah ring yang dikaitkan di salah satu ujung dari kain gendongan. Ring ini kemudian digunakan sebagai tumpuan untuk menggendong si kecil. Variasi posisi gendongan juga bisa beragam dan bisa dipakai sejak bayi newborn sampai balita. Namun pastikan pemakaian ring sling ini benar karena salah posisi ring di bahu bisa saja memberi rasa sakit pada Anda.

3. Baby Carrier

Berikutnya ada baby carrier yang juga cukup populer di kalangan para orang tua. Sesuai dengan namanya, jenis gendongan ini akan mempermudah Anda membawa bayi saat bepergian. Gendongan ini juga biasa disebut sebagai gendongan monyet. Bayi bisa diletakkan di depan maupun belakang dengan menggunakan baby carrier yang strukturnya kuat dan aman.

Dari segi harga, jenis gendongan ini memang cukup mahal. Anda bisa cek harga gendongan bayi di Mothercare untuk tipe baby carrier sangat bervariasi. Mulai dari Rp400 ribuan ke atas dengan kualitas dan model yang berbeda-beda.

4. Pouch Sling

Anda juga bisa menggendong bayi dengan aman dan nyaman pakai pouch sling. Ini merupakan jenis gendongan yang modelnya simple karena bukan dalam bentuk kain panjang. Gendongan ini sudah dijahit di kedua sisinya sehingga bentuknya menyerupai selimut kecil. Sangat praktis digunakan dan mulai bisa dipakai sejak newborn.

5. Woven Wrap

Jenis gendongan ini mungkin hampir sama dengan baby wrap hanya saja jenis kain yang digunakan berbeda. Untuk woven wrap sendiri tipe kainnya tidak elastis. Jenis kain yang digunakan adalah kain tenun yang cukup kuat dan nyaman dipakai. Biasanya tipe gendongan ini dipakai untuk newborn sampai usia 5 tahun. Sangat kuat dan nyaman serta mendukung posisi M-shape secara optimal.

Anda bisa mencari referensi harga gendongan bayi di Mothercare terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Pilihlah jenis gendongan yang tepat sesuai usia bayi Anda. Pastikan Anda juga merasa nyaman memakainya sehingga bisa lebih betah menggendong si kecil.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.