5 Cara Tepat Merawat Kelinci Hias

  • Whatsapp
5-Cara-Tepat-Merawat-Kelinci-Hias
Foto dari Canva Photos Unlimited

Kelinci merupakan binatang yang lucu dan menggemaskan dan sehingga seringkali menjadi pilihan sebagai hewan peliharaan, terutama berbagai jenis kelinci hias. Namun, hewan yang menggemaskan ini merupakan hewan yang cukup unik, oleh karena itu ia membutuhkan perawatan khusus agar bisa tumbuh sehat dan bahagia.

Merawat Kelinci Hias

Berikut cara merawat dan memelihara kelinci hias agar bisa tumbuh dengan sehat, bahagia, dan berumur panjang.

1. Gunakan kandang dengan ukuran yang sesuai

Anda harus menyiapkan kandang dengan ukuran yang sesuai dengan berat badan kelinci hias yang Anda pelihara. Idealnya untuk rata-rata berat kelinci hias seberat 3,6 kilogram, maka Anda harus menyiapkan kandang dengan ukuran minimal 1,2X0,6,0,6 meter agar kelinci bisa tetap leluasa bergerak di dalam kandang.

Pastikan juga kelinci hias tersebut merasa nyaman di dalam kandang dengan adanya tempat makanan, tempat minuman, tempat untuk kotoran, serta ruang untuk berbaring. Anda juga bisa menggunakan jerami untuk menjadi alas tidur kelinci hias tersebut. Agar kelinci bisa merasa nyaman ketika duduk atau berdiri, taruhlah lembaran papan untuk menjadi alas kandang yang terbuat dari kawat.

Pastikan juga kandang tersebut Anda simpan di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan hewan-hewan lain seperti anjing. Jangan lupa juga untuk membersihkan kandang secara rutin agar tidak menjadi sumber penyakit bagi kelinci hias Anda.

2. Sediakan makanan bersih dan bergizi

Makanan merupakan salah satu faktor penting untuk bisa membuat kelinci hias tumbuh sehat. Umumnya orang-orang mengenal bahwa makanan untuk kelinci hanyalah rumput hijau. Namun sebenarnya Anda bisa memberikan variasi makanan lain, seperti rumput kering, biji-bijian seperti gandum atau kedelai, umbi-umbian seperti singkong atau talas, serta pelet.

Pelet merupakan makanan tambahan yang bisa memberi kelinci asupan protein yang mereka butuhkan. Takaran memberi pelet ini adalah sekitar 1/8 cangkir untuk per 2,2 kilogram berat tubuh kelinci. Pastikan juga makanan yang Anda berikan adalah makanan bersih dan merupakan sayur-sayuran organik.

3. Membersihkan badan kelinci secara rutin

Memandikan tubuh kelinci memang tidak dianjurkan, namun Anda tetap harus menjaga kebersihan tubuh kelinci yang Anda pelihara. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan sikat dengan bulu halus untuk menyikat kotoran yang ada pada bulu-bulu kelinci. Anda juga harus rutin memotong kuku-kukunya setiap sebulan atau dua bulan sekali agar mencegah timbulnya kuman dan penyakit yang bersarang pada kukunya.

4. Ajak kelinci bermain dan berolahraga

Membiarkan kelinci diam di kandang sepanjang hari bukanlah hal yang bagus untuk kesehatan dan kebahagiaan kelinci peliharaan Anda. Agar kelinci tidak merasa bosan dan stress, ajaklah kelinci tersebut berjalan-jalan di luar kandang dan menghirup udara segar.

Idealnya Anda perlu membiarkannya bermain di luar sekitar enam hingga delapan jam. Anda juga bisa mengajaknya bermain dengan alat-alat permainan seperti bola. Namun tetap pastikan tempat bermain kelinci tersebut aman dari jangkauan hewan-hewan lain seperti anjing.

5. Rutin periksa ke dokter hewan

Agar memastikan kesehatan kelinci hias peliharaan Anda, Anda harus rutin membawanya ke dokter hewan setidaknya setiap satu tahun sekali. Dokter hewan akan lebih ahli untuk memeriksa seluruh bagian tubuh kelinci, mulai dari mata, telinga, gigi, hingga usus untuk memastikan kesehatan kelinci tersebut.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kelinci hias peliharaan tetap sehat dan bahagia. Dengan mengikuti tips-tips tadi, kelinci yang Anda pelihara dapat berumur panjang untuk terus menemani Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *