Home / News / Mengapa Orang Melakukan Nikah Siri..?? Apakah Hanya Karena Nafsu..??

Mengapa Orang Melakukan Nikah Siri..?? Apakah Hanya Karena Nafsu..??

Nikah siri merupakan sebuah pernikahan yang tidak tercatat di kantor urusan agama. Menurut Wikipedia, kata siri berasal dari bahasa Arab yaitu sirri atau sir yang berarti rahasia. Rahasia disini diartikan bahwa nikah siri menurut hukum agama adalah SAH, namun tidak SAH secara norma hukum, karena pernikahan tersebut tidak tercatat di kantor urusan agama.

Makin kesini, semakin marak juga adanya nikah siri. Hal ini bisa kita lihat dibeberapa media tentang hebohnya nikah siri. Bahkan beberapa waktu lalu, kita juga sempat dihebohkan dengan adanya nikah siri online. Meskipun pada akhirnya, sang pemilik situs nikah siri online sudah diproses secara hukum. Lalu, apakah nikah siri itu negatif atau positif? Kembali lagi, tergantung dari teman-teman sendiri mengartikannya.

Seperti yang saya katakan diatas, nikah siri itu SAH secara norma agama, karena telah disahkan oleh Agama, namun belum SAH secara norma hukum. Berikut ini adalah contoh surat nikah siri.

Nikah Siri

Nikah Siri Menurut Hukum Agama

Mungkin ada beberapa alasan kenapa orang yang nikah siri tidak melaporkan ke negara. Ya, memang dibutuhkan waktu dan tenaga ekstra untuk mengurus pernikahan yang SAH di mata negara. Karenanya, hal itupun terasa ribet karena harus mengurus dokumen persyaratan dan lain-lainnya. Daripada sudah keburu nafsu nggak mampu menahan hasrat dan malah jatuh dalam jurang zina, kenapa nggak disahkan oleh agama saja? Kalau sudah sah kan jatuhnya malah kewajiban dan mendapat pahala. Tapi kalau begini juga pernikahan jadi kaya legalitas seksual aja maknanya, padahal masih banyak hal menguntungkan lainnya yang tak hanya tentang hubungan badan semata.

Baca juga : Pengendara yang Menabrak Kucing akan Mengalami Kesialan

Tapi hal diatas bisa dibilang hanya satu dari sekian banyaknya alasan dari seseorang melakukan nikah siri. Namun seperti yang saya katakan tadi, tergantung anda menilainya, apakah nikah siri itu baik atau tidak. Dan dalam beberapa kasus, ada juga orang yang melakukan nikah siri dengan menjadikan sang pasangan sebagai istri kedua atau ketiga atau entah nomor ke berapa yang biasa kita sebut dengan poligami.

Seringkali yang menjadi pertanyaan adalah apakah seseorang yang melakukan poligami melanggar Hak Asasi Manusia? Jawabnya bisa Ya, bisa Tidak. Tapi biasanya, ketika si istri pertama tak mengizinkan adanya poligami, suami akan tetap melakukannya dengan menikah siri. Kalau begini bukannya malah melanggar hak istri pertama ya? Apa boleh dibilang kalau nikah siri itu serupa bentuk mengkhianati dan membohongi istri pertama? Ya, tergantung gimana sudut pandangnya.

Nah, kalau teman-teman sendiri bagaimana? Apakah melakukan nikah siri itu benar atau salah..??

About Mas Bewok

Hai, Perkenalkan nama saya Mas Bewok, Seorang Blogger pemula yang sedang mendalami ilmu SEO dan juga seorang penggemar berat Luna Maya.

Check Also

Status Facebook Berlatar Foto

Ingin Status Facebook Anda Berlatar Foto? Ini Caranya..

Status Facebook Berlatar Foto – Mungkin bagi teman-teman setia Kelincimas.com pastinya melihat status facebook yang …