Home / Kesehatan / Manfaat Lengkap Daun Sirih Hijau Dan Merah

Manfaat Lengkap Daun Sirih Hijau Dan Merah

Manfaat Daun Sirih Hijau Dan Merah – Daun sirih merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh pada pohon lain. Meskipun begitu, tanaman ini banyak memberikan manfaat positif bagi kesehatan kita. Orang dahulu juga sudah mengenal daun sirih sebagai alternatif obat-obatan. Daun sirih sendiri memiliki banyak jenis, yaitu yang berwarna merah, hijau, dan hitam. Yang populer yaitu daun sirih hijau dan merah.

Manfaat Daun Sirih Hijau Dan Merah

Manfaat dari daun sirih sendiri yang paling umum dan paling banyak diketahui adalah untuk memperkuat Gigi dan Gusi. berikut adalah beberapa manfaat berserta ramuan dari daun sirih.

Daun Sirih Untuk Kesehatan Gigi

Khasiat pertama manfaat daun sirih yang dibahas adalah untuk kesehatan gigi. Menurut peneliti, air rebusan daun sirih mampu untuk menghilangkan plak, yang manfaatnya seperti kumur-kumur dengan mouthwash, bedanya air rebusan sirih sangat murah, mudah didapat dan alami. Dengan semakin terjaga kebersihan rongga mulut, maka akan semakin sehat rongga mulut. Sangat penting menjaga rongga mulut dan gigi agar selalu bersih dari plak. Adapun plak di gigi sendiri muncul dari sisa makanan yang tidak dibersihkan. Keberadaan plak di gigi mengakibatkan radang gusi (gingivitis) dan radang pada jaringan pendukung gigi lainnya, yang bisa membuat gigi berlubangn parah.

Selain itu, Penggunaan obat kumur ini sangat efektif untuk menghambat pembentukan plak, mencegah perlekatan bakteri dan menghambat pertumbuhannya. Anda bisa menggunakan mouthwash ala alami, berupa air rebusan sirih. Berdasarkan hasil penelitian bahwa air rebusan daun sirih terbukti untuk menghilangkan plak di dalam rongga mulut. Untuk pembuatan ramuannya, rebus selembar daun sirih dengan 2 gelas air (atau lebih) sampai mendidih. Kemudian, gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur. Lakukan secara rutin.

manfaat daun sirih

Daun Sirih Untuk Penyakit Asma

Asma merupakan peradangan kronis yang umum terjadi pada saluran napas yang ditandai dengan gejala yang bervariasi dan berulang, penyumbatan saluran napas yang bersifat reversibel, dan spasme bronkus. Gejala umum meliputi mengi, batuk, dada terasa berat, dan sesak napas. (wikipedia)

Penderita asma sulit melakukan kegiatan yang berat dalam jangka waktu yang lama. Ketika asma yang diderita kambuh, maka membuat kegiatan menjadi tidak lancar atau terganggu. Banyak penderita asma yang menjauh dari hal-hal yang berdebu. Bagi anda yang merasakan gejala asma, seperti nafas terasa pendek dan tersenggal-senggal. Anda bisa menggunakan daun sirih. Rebusan daun sirih untuk mengatasi gejala-gejala asma.

Membuat ramuan daun sirih untuk mengobati gejala asma, pertama-tama ambil 4-5 lembar daun sirih, lalu rebus daun sirih menggunakan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas air saja. Minum hasil air rebusan tersebut secara rutin, kira-kira 2 kali dalam sehari. Tetapi jika muncul efek samping (yang terasa tidak enak bahkan membahayakan) maka hentikan komsumsi air rebusan daun sirih tersebut. Dan pastikan menggunakan daun sirih yang sudah dibersihkan.

Ada cara lain selain cara diatas, yaitu dengan menyiapkan 10 daun sirih yang sudah dicuci, lalu ditumbuk besamaan dengan satu sendok teh lada putih. Setelah itu dicampur dengan setengah sendok teh minyak kayu putih. Oleskan ramuan ini pada bagian dada dan leher ketika asma kambuh.

Daun Sirih Untuk Radang Tenggorokkan

Penyebab umum radang tenggorokan yaitu infeksi virus dan infeksi bakteri. Jika penyebabnya karena infeksi virus, maka tubuh mampu secara alami untuk mengatasinya. Tetapi jika penyebabnya infeksi bakteri maka perlu tindakan lanjut, yiatu menggunakan antibiotik yang sesuai. Penyebab lainnya, seperti karena alergi, iritasi, maka harus menghindari makanan atau zat yang menjadi penyebab munculnya penyakit.

Bebeapa hal untuk meringankan gejala radang tenggorokan yaitu istirahat atau tidur cukup, batasi aktifitas fisik yang terlalu melelahkan, jika suara serak maka hindari berteriak, rajin minum cairan hangat, minum banyak air untuk mencegah dehidrasi, menggunakan masker jika lingkungan berdebu, hindari paparan asap rokok.

Pembuatan ramuannya, pertama-tama rebus 4-5 daun sirih dalam 2 gelas air hingga mendidih, dan sampai tersisa 1 gelas saja. Minum air rebusan tersebut secara rutin, lakukan 2 kali dalam sehari.

Baca juga : Mengapa Orang Melakukan Nikah Siri..??

Secara umum, dalam mengobati radang tenggorokan perlu meneliti penyebab radang tenggorokan itu sendiri. Tujuan pengobatan radang tenggorokan guna meringankan atau menghilangkan gejala, mencegah komplikasi, dan mencegah radang kambuh.

Daun Sirih Untuk Melancarkan Haid

Bagi para wanita yang mengalami masa ketika haid atau menstruasi, mungkin tidak suka dengan jamu untuk melancarkan haid, anda bisa mencoba mengkonsumsi rebusan dari daun sirih. Hal ini cukup tertbukti, karena produk obat-obatan yang ada di pasaran banyak yang mengandung ekstark sirih. Berikut ini langkah-langkah membuat ramuan manfaat daun sirih :

  1. Ambil 3-5 lembar daun sirih
  2. Rebus daun sirih hingga mendidih
  3. Tunggu dan diamkan hingga tidak terlalu panas, lalu minum selama masa haid atau masa menstruasi. Konsumsi secara rutin, tetapi tidak perlu konsumsi setiap hari.

Daun Sirih Untuk Menghilangkan Bau Mulut

Salah satu manfaat lain dari rebusan daun sirih yaitu menghilangkan bau mulut. Terkadang bau mulut, (terutama setelah mengkonsumsi makanan tertentu) sangat mengganggu. Sehingga, anda bisa memanfaatkan air rebusan dari daun sirih untuk menghlangkan bau mulut.

Pertama-tama ambillah 3-4 lembar daun sirih, lalu rebus daun sirih hingga mendidih, tunggu dan diamkan hingga rebusan menjadi tidak panas, lalu berkumurlah dengan air rebusan tersebut.

Manfaat lainnya dari melakukan ini adalah membersihkan rongga mulut dari kuman, dan mengobati sariawan dan sakit gusi.

Daun Sirih Untuk Mengobati Demam Berdarah

Hasil rebusan dari manfaat daun sirih diyakini membantu mempercepat penyembuhan penyakiti demam berdarah. Berikut cara memanfaatkan rebusan daun sirih sebagai obat demam berdarah:

  1. Ambil 5-6 lembar daun sirih
  2. Rebus daun sirih menggunakan 2 gelas air
  3. Tunggu hingga mendidih, hingga menyisakan satu gelas air saja
  4. Minumlah hasil rebusan secara rutin, bisa 1 kali dalam sehari.

About Mas Bewok

Hai, Perkenalkan nama saya Mas Bewok, Seorang Blogger pemula yang sedang mendalami ilmu SEO dan juga seorang penggemar berat Luna Maya.