KELINCIMAS.COM

AGEN BANDARQ DAN DOMINO99 TERPERCAYA

Agen Bandarq

Arti dari lambang Ular dan Mangkuk di Apotek

Arti dari lambang Ular dan Mangkuk di Apotek – Pernahkah anda melihat lambang yang terdapat pada apotek? Mungkin sebagian dari kalian mengira itu adalah lambang ular dan gelas bukan? Namun taukah anda sebenarnya logo dari apotek yang sebenarnya adalah lambang ular dan mangkok, bukan gelas. Terus kenapa harus ular dan mangkok, bukan yang lain?

Karena kalau mangkuk dan gajah, mangkuknya pasti pecah!

lambang Ular dan Mangkuk di Apotek

Arti dari lambang Ular dan Mangkuk di Apotek

Tidak banyak orang yang mengetahui lambang yang terdapat pada apotek, jika memang tidak mengerti sejarah dibalik penetapan logo tersebut. Tentunya bukan secara sembarangan logo dari ular dan mangkok tersebut ditempelkan di hampir semua apotek di dunia. Disini akan admin kelincimas.com bahas tentang kenapa logo ular dan mangkok dijadikan sebagai simbol di apotek.

Sebenarnya, ular yang terdapat pada logo apotek tersebut adalah milik seorang dewa yang dikenal sebagai dewa pengobatan dan penyembuhan dalam mitologi Yunani. Nama dewa tersebut adalah Aesculapius atau Asclepius. Ular tersebut merupakan hewan peliharaan Aesculapius yang sangat setia menemanin tuannya kemanapun, sebagian besar warga Yunani percaya bahwa ular tersebut mendapat ilham untuk menyembuhkan umat manusia pada saat itu.

lambang Ular dan Mangkuk di Apotek

Sejak saat itulah ular milik Aesculapius dilambangkan sebagai penawar atau penyembuh segala macam penyakit. Namun berbeda dengan sekarang yang melambangkan ular dengan mangkuk, pada jaman dulu lambang dunia kesehatan digambarkan dengan ular yang melilit tongkat. Yang mana tongkat tersebut memang milik Aesculapius juga. Akan tetapi setelah Aesculapius meninggal, lambang tersebut berubah menjadi Ular dan Mangkuk.

Mungkin muncul dibenak kalian, kenapa dari tongkat berubah menjadi mangkuk. Aesculapius memiliki 5 anak perempuan, yang bernama Laso (Recuperation), Aceso (Recovery), Aglaea (Healthy Glow), Panacea (Universal Remedy) dan yang terakhir adalah Hygeia. Dari kelima putri Aesculapius, entah kenapa yang dipilih sebagai penerusnya adalah Hygeia, sang pemilik mangkuk yang sekarang terpajang di setiap apotek. Hygeia digambarkan sebagai orang yang dewi kesehatan, kebersihan dan sanitasi. Mungkin itulah kita sekarang mengenal kata ‘higienis’ dengan makna yang bersih. Besar kemungkinan kata tersebut berasal dari nama Hygeia.

lambang Ular dan Mangkuk di Apotek

Logo Ular dan Mangkuk sejak saat itu telah menjadi Logo Apotek dan symbol dari banyak perkumpulan apoteker di seluruh dunia. Mangkuk Hygeia merupakan lambang Asosiasi Apoteker Amerika, Asosiasi Apoteker Kanada, Masyarakat Apoteker Australia, dan banyak asosiasi apoteker lainnya di seluruh dunia.

Nah, teman-teman sudah pada mengerti bukan asal usul dari lambang apotek? Semoga penjelasan dari artikel mengenai arti lambang Ular dan Mangkuk di Apotek bisa mengurangi rasa penasaran anda ya. Semoga bermanfaat.

Pos-pos Terbaru

1 Comment

Comments are closed.

KELINCIMAS.COM AGEN BANDARQ DAN DOMINO99 TERPERCAYA