KELINCIMAS.COM

AGEN BANDARQ DAN DOMINO99 TERPERCAYA

Apa Yang Terjadi Dengan Akun Media Sosial Kita Setelah Kita Meninggal??

Pernahkah terpikir oleh sobat Kelincimas, hal apa yang terjadi kepada akun media sosial setelah kita meninggal? Memang tidak ada yang menginginkan hal ini terjadi. Bisa dibilang semuanya pasti merasa takut akan kematian. Namun, semua manusia pasti akan merasakan yang namanya kematian ini.

Di jaman yang semakin canggih ini, bisa dipastikan jika semua orang memiliki akun sosial media. Dari segitu banyaknya media sosial yang ada. Setidaknya pasti kita memiliki salah satu diantaranya, entah itu Facebook, Twitter, Instagram, ataupun yang lain. Lalu, apa yang akan terjadi dengan akun sosial media kita jika suatu hari kita meninggal?

Hal Yang Terjadi Kepada Akun Media Sosial Setelah Kita Meninggal

Hal Yang Terjadi Kepada Akun Media Sosial Setelah Kita Meninggal

Mungkin ini hal yang sepele, namun pastinya membuat sobat kelincimas penasaran. Ternyata saat ini sosial media pun bisa diwariskan kepada orang-orang terdekat kita. Setidaknya “berbuat baiklah sebelum kita meninggal, termasuk di sosial media.” Karena jika suatu saat kita semuanya meninggal, masih ada sesuatu yang bisa kita kenang dari akun media sosial milik kita. Jadi setidaknya kamu bisa menyiapkan beberapa hal berikut ini untuk akun sosial media kita.

1. Facebook

Facebook adalah salah satu sosial media yang paling ramai penggunanya, dan pasti kamu memilikinya juga. Bisa dibayangkan donk, bagaimana isi Facebook kamu sejak pertama membuatnya sampai sekarang? Lalu, apa yang terjadi dengan akun Facebook jika kamu meninggal?

Apa Jadinya Media Sosial Setelah Kita Meninggal

Facebook ternyata menyediakan opsi untuk mewariskan akun Facebook kepada orang yang bisa kita percayai sebagai penerus akun tersebut. Nantinya orang yang kita wariskan itu bisa login untuk mengambil alih akunmu atau bahkan meminta Facebook untuk menghapusnya.

Apa Jadinya Media Sosial Setelah Kita Meninggal

Nah, bagi kamu yang memiliki akun Facebook, sebaiknya segera atur kerabat terdekat yang akan menjadi pewaris. Tujuannya jelas, agar teman-teman Facebook kamu tahu akan kabar Facebookmu.

2. Istagram

Dengan segudang filter seru dan kemudahannya untuk berbagi foto, Instagram menjadi sosial media favoritmu. Dan mungkin kamu memiliki banyak sekali foto-foto kenangan kamu. Lalu saat kita meninggal nanti, bagaimana nasib Instagram kita?

Apa Jadinya Media Sosial Setelah Kita Meninggal

Sama seperti Facebook, Instagram juga menyediakan sebuah fitur memorialisasi akun. Hanya saja, Instagram tidak mengizinkan orang lain untuk masuk ke akun Istagram dan mengambil ahli akun seperti Facebook. Nantinya akun yang telah dimemorialisasi tersebut tidak akan diubah dengan cara apapun, termasuk jumlah pengikut, tag, postingan, hingga komentar. Tapi siapa pun tetap bisa mengirim foto ke akun yang telah dimemorialisasi menggunakan fitur Direct Message.

Apa Jadinya Media Sosial Setelah Kita Meninggal

Untuk proses memorialisasi akun Instagram orang yang telah meninggal, kamu harus mengisi form pengejuan memorialisasi Instagram. Agar proses memorialisasi bisa berjalan dengan sempurna, isi form dengan benar.

Baca juga : Fitur Baru, Kini Bisa Balas Instagram Stories Pakai Foto & Video

3. Twitter

Sudah bukan rahasia jika di Twitter kamu bisa berkicau apa saja. Bahkan sudah sering kejadian ada orang yang bermasalah gara-gara postingannya di Twitter. Kebayang kan gimana citra dirimu setelah meninggal jika kicauan-kicauan bebasmu di Twitter masih ada?

Apa Jadinya Media Sosial Setelah Kita Meninggal

Agar hal seperti itu tidak terjadi, kamu bisa meminta kerabat terdekatmu untuk menonaktifkan akun Twitter milikmu setelah kamu meninggal. Perlu diingat, Twitter tidak akan memberikan akses kepada orang lain untuk mengambil alih akun almarhum. Tapi kerabat yang ditinggalkan bisa meminta pihak Twitter untuk menghapus kicauan-kicauan Twitter yang dirasa bisa menghancurkan citra almarhum.

Apa Jadinya Media Sosial Setelah Kita Meninggal

Untuk menghapus akun media sosial setelah kita meninggal, kamu bisa mengisi form permintaan penghapusan akun Twitter. Di sana silakan pilih I want to request the deactivation of a deceased user’s account. Lalu isi datanya dengan lengkap.

4. Gmail

Bukan hanya sebatas layanan berkirim email, Gmail menjadi akun kunci yang digunakan untuk terhubung dengan berbagai layanan Google. Dari mulai YouTube, Google Plus, Google Hangout, dan layanan Google lainnya semua menggunakan Gmail. Lantas, bagaimana nasib semua data yang terhubung dengan akun Gmail kita jika kita meninggal?

Apa Jadinya Media Sosial Setelah Kita Meninggal

Tenang, Google akan menghapus akun email kamu jika kamu meninggal. Bagaimana cara Google tahu kita meninggal? Caranya adalah dengan mendeteksi aktivitas akun Gmail kamu. Mulai dari kapan terakhir kali kamu log in, history browser, email dan lokasi check in di Android milikmu.

Apa Jadinya Media Sosial Setelah Kita Meninggal
Untuk membuat Google tahu jika kamu sudah meninggal, kamu bisa mengaturnya di form pengelolaan akun Gmail. Jika sudah paham dan setuju, kamu bisa mulai mengisi datanya. Jangan lupa isi nomer kontak terpercaya kamu agar yang bersangkutan bisa men-download data-data penting yang ada di akun Gmail milikmu.

Baca juga : Kenapa Angka 11 Disebut Dengan Eleven? Temukan Jawabannya Disini..

Fitur dari ke-4 media sosial ini setidaknya bisa kita manfaatkan pada akun media sosial setelah kita meninggal. Jadi kita tidak perlu khawatir lagi kan soal apa yang akan terjadi dengan akun sosial mediamu? Hehe.

Yuuk sebarkan informasi ini agar bisa dimanfaatkan oleh semua orang.

Pos-pos Terbaru

KELINCIMAS.COM AGEN BANDARQ DAN DOMINO99 TERPERCAYA